nikenepr

Just another WordPress.com site

Si Entoy dan Gulai Kambing

pada September 21, 2011

tulisan ini pernah di Post di kemudian.com tahun 2008

inspirasi datang saat di Kantor Paramuda, sore hari saat di luar gerimis

Hari ini aku makan gulai kambing.
Emak memasaknya enak sekali.
Daging kambingnya Emak dapat dari mesjid.
Siang tadi ada pembagian daging kurban.
Aku jadi ingat si Entoy,
Kambingku yang ikut bagian jadi kurban.
Semalaman dia mengembik seolah menyahut takbir yang digemakan.
Paginya dia dipotong, dan aku menjerit kehilangan.

Sekarang aku sedang makan gulai kambing.
Rasanya gurih dan lezat.
Tetangga-tetanggaku juga pasti sedang menikmati daging kurban tahun ini.
Bi Eutik dan Ceu Ojoh pasti kegirangan bisa memakan daging meski hanya setahun sekali.
Aku jadi ingat si Entoy,
Kambingku yang ikut bagian jadi kurban.
Sehari sebelumnya aku memandikan dia sampai wangi.
Itu pertama kalinya dia kumandikan memakai sabun di kali.

Sekarang aku sudah selesai memakan gulai kambing.
Perutku membesar karena kenyang.
Hari ini pasti banyak anak-anak seumuran yang juga kekenyangan.
Aku jalan-jalan keluar dan kulihat wajah-wajah sumringah.
Memang kurban membawa berkah.
Aku jadi ingat si Entoy,
Kambingku yang ikut bagian jadi kurban.
Setiap hari selama bertahun-tahun aku selalu main bersamanya.
Mengganggunya ketika dia sedang makan rumput hijau di kebun.
Memecutnya dengan keras hanya untuk mendengar embikannya.
Menaikinya meskipun sadar bahwa tubuh gembrotku membuatnya kesulitan berdiri.

Seharian ini aku ingat si Entoy.
Tadi pagi dia dipotong.
Merelakan hidupnya pada ketentuan Tuhan.
Membuktikan ketaatannya dalam nyawa yang sakit diregang.
Menjadi hamba sebenar-benarnya dalam setiap nafas yang perlahan hilang.

Hari ini aku menitikkan air mata untuk Entoy,
Bukan karena sedih kehilangan dia,
Tapi karena haru dan bahagia,
Kata Emak sekarang dia sudah menjadi hamba-Nya yang sebenar-benarnya.
Aku juga menitikkan air mata, sambil bertanya-tanya,
Apakah aku pun sudah menjadi hamba-Nya yang sebenar-benarnya?


Tinggalkan Balasan

