nikenepr

Just another WordPress.com site

pertanyaan

pada Oktober 14, 2011

ini adalah pertanyaan-pertanyaan pertama dari taaruf yang kami jalani

ini sebagai pengingat bahwa proses yang sedang dijalani didasarkan pada kecintaan pada Allah, sebagai bentuk ketaatan kami.

ini sebagai pengingat bahwa kami sama-sama ingin membangun kaluarga yang bahagia di dunia dan akhirat

ini pun sebagai pengingat bahwa proses yang sedang berjalan ini bukan proses setengah hati.

email aa :

Assalamualaikum warohmatulloohi wabarakaatuh

Heyyyyyyyy,,,

Baiklah, dalam rangka saling bertanya dan menjawab, maka :

Jawablah soal-soal dibawah ini dengan jelas dan sesuai keyakinanmu !

  • Keluarga seperti apakah yang niken inginkan/dambakan ?
  • Sebutkan salah satu makanan favoritnya mamahnya niken?
  • Apa pendapat niken mengenai sosialisasi diri di masyarakat ?
  • Apa cita-cita niken waktu kecil ?
  • Apa pendapat niken mengenai istri yang bekerja ?
  • Hafal berapa surat al-qur’an kah niken?
  • Apa pendapat niken mengenai Belajar Islam yang berkelanjutan ?
  • Pingin jadi apa niken di dalam cerita Doraemon ?

Hehehe segitu dulu aja, nanti niken bales Tanya ka saya okeh ,,

Kalo saya jawabannya begini :

  • Keluarga yang diinginkan adalah keluarga yang dibangun atas dasar kecintaan kepada allah SWT.amin. Hidup ini tidaklah lama, paling sampe 60 taunan kan normalnya. Makanya rentang waktu itu harus dipake buat persiapan menuju seleseinya waktu. Salah satu persiapan yang penting adalah berkeluarga.

Yang itu adalah bagian dari sunnah nabi, yang itu merupakan menggenapkan setengah agama. Makanya keluarga yang dibangun pun adalah dalam rangka bersama mendekatkan diri ke Allah SWT. Belajar islam bersama. Saling menasehati dan menyemangati bersama. Saling menunaikan kewajiban dan hak nya masing-masing dalam rangka patuh dan beribadah kepada Allah. Berharap di dunia diisi oleh kebaikan dan bahagia, di Akhirat pun begitu.

Bagi saya, susah untuk nerima kalo ada keluarga yang hidupnya pisah-pisahan dalam jangka waktu yg lama. Berkeluarga itu ya harus barengan. Tapi kalo awal2 taun masih pisah ya ga masalah, tentu sambil difikirkan gimana caranya supaya barengan. Apa gunanya banyak uang kalo hidup ga tenang. Demikian. Sementara

  • Favorit makanan mamah saya salah satunya : Pempek. Makanya setiap sy dinas ka Palembang, sy selalu beli pempek bawa ke bandung. Yg 100 rebu pernah, yg 200 rebu pernah, yg 300 rebu pernah. Aneh si mamah ini. Orang ciamis asli ko senengnya pempek. Tapi kan cuka pempek itu aslina lada, makana kalo di rumah suka ditambah air deui pleus dikasih gula deui, jadi caina the encer teu lada. Hahahahaha
  • Sosialisasi diri di masyarakat itu perlu. Agar kita kenal, banyak teman, walaupun beda suku bangsa. Diawali denga kalo kenalan, perkrnalkan nama saya duluan. Bantu tetangga kalo ada perlu misalnya nitip barang beli di bandung atau bantu ngecet jalan. Menjadi bermanfaat bagi orang lain adalah sebaik-baiknya manusia, kata Nabi Muhammad. Dan barangsiapa yang memenuhi kebutuhan orang lain, maka Allah akan memenuhi kebutuhannya. Dan juga kalo orang udah trust sama kita, maka ucapan, tindakan kita akan mudah diikuti oleh mereka. Maka pas kita bermaksud mengajak teman-teman kepada kebaikan, mereka akan respect kepada kita. Tidak merasa terpaksa, karena kita adalah teman
  • Cita cita saya waktu kecil : professor, supaya bisa bikin mesin waktu. Balik ke masa lalu, kemudian beli baso dengan harga yang lebih murah, uangnya dari masa depan. Dulu kan baso 500an pas jaman saya SD
  • Istri yang bekerja : Ga masalah. Pada prinsipnya asal bisa hidup bersama. Dengan istri bekerja, bisa sebagai aktualisasi diri, kebermanfaat pada ummat dan meh teu bosen di rumah terus.
  • Hafalan surat : Dulu sih pernah waktu kuliah juz 30 ampir hafal. Kurang 1-2 surat lagi. Tapi sekarang, karena jarang diulang-ulang, masyaallah saya the meni pamalesan hahahaha. Tapi tentu insyaallah ini sedang dalam program ngafalin lagi. Kenapa sih al-qur’an itu harus dihafal? Pahalanya bagus loh. Satu huruf aja dihitung satu nilai kebaikan. Berharap nanti ketika dihisab, nikai kebaikan2 hafalan itulah yang akan membantu kita. Dan tentu tidak sampe menghafal aja, tapi harus faham maksud ayatnya itu dan dilaksanakan. Sekarang gimana? Arti surat al ma’un aja sy ga tau. Saya ada temen loh anak itb yg hafal al quran semuanya. Edan . ckckckckc. Saya juga harus bisa, walaupun ga semua :p
  • Belajar islam yang berkelanjutan : WAJIB. Makanya saya ikut mentoring terus sejak smp. Sampe sekarang saya di lampung. Kenapa wajib : karena yang namanya belajar isalam itu wajib hukumnya. Masih banyak yang kita ga tau sebagai ummat nabi Muhammad. Harus apa kita di bumi, harus ngapain kita dan tentu saja bahwa yang namanya manusia itu sering lupa. Makanya dalam forum2 kajian yang rutin, intens itu bisa dalam rangka menasehati diri, mengingatkan kita semua akan tujuan hidup, dan muhasabah. Tapi, ya saya jujur. Meski saya udah rutin mentoring sejak dari SMP, tapi sy susah faham itu ilmu2nya. Temen2 sy yang lain udah jago2 asli lah. Kaya si rihan, si iwa, si husna, say amah ngerti yang sederhana2 aja. Hehehehe makanya kalo disuruh nge mentor, ya cocoknya anak SD, makanya jadinya guru TPA saja. Dulu disuruh ngementor anak mahasiswa, ya gacocok, Cuma 2x pertemuan ga jalan lagi. Anak sma pernah Cuma bertahan sabulan. Anak smp pernah tahan 1x ketemuan aja. Hehehe
  • Di Doraemon saya pingin jadi Nobita. Keren tau pas tamat ceritanya itu. Si Nobitanya jadi pinter beneran ngalahin dekisugi karena pingin bisa jadi ahli robot supaya bisa benerin doraemonnya itu. Dan kalo di cerita2 petualangan doraemon, kan suka jadi jagoan si nobita itu. Ahli nembak.

Sekian dan sampai jumpa lagi hehe

jawaban neng:

Assalamualaikum kang dani badrazamani, saya akan mencoba menjawab satu per satu. Jawaban yang saya jawab adalah jawaban saya saat kondisi pagi-pagi tanggal 17 April 2011. J

Jawaban Niken:

1.       Keluarga yang saya idamkan adalah keluarga harmonis, dekat satu sama lain, saling mendukung dan menjaga, intinya keluarga kecil dan bahagia. saya bahas satu-satu ya kang,,

a.       Harmonis: artinya ada keselarasan dan keseimbangan antara hak dan kewajiban anggota keluarga, yakni suami, istri, dan anak2. Ini maksudnya tiap anggota keluarga harus mengetahui dan memahami hak dan kewajiban masing-masing dan secara konsisten menjalankan hak dan kewajibannya tersebut. Yah berarti suami dan istrinya harus berilmu kan kang. Jadi mari kita belajaaarrr J (kenapa suami dan istri dulu, karena anak2 nantinya mendapat ilmu pertama kali dari Ibu dan Ayahnya, jadi Suami-Istri harus berilmu dan saling support untuk mencari ilmu dan saling melengkapi/ mengisi kekosongan).

b.      Dekat satu sama lain: dekat disini bukan hanya dekat secara fisik aja kang, tapi juga dekat secara emosional. Hubungan antara anak dan orangtua layaknya sahabat yang didsari penghormatan dan rasa saling menghargai. Oleh karenanya penting untuk tetap membuka komunikasi dan punya kegiatan bersama, misat tiap weekend ada jadwal beberes rumah bersama, atau makan2 di luar bersama untuk refreshing, ya kegiatan positif yang dilakukan bersama.

Niken juga pada dasarnya gak mau jauh2an sama suami, ngapain nikah tapi malah jauh2an? Hanya saja kondisi niken pada saat ini memaksa niken untuk menerima opsi hubungan jarak jauh apabila memang dihadapkan pada pilihan tersebut. Niken sudah memilih untuk bekerja di Pertamina, konsekuensinya sudah saya perhitungkan dari sebelumnya. insyaALLah saya ingin mengabdi di perusaaan setidaknya sampai ikatan dinas berakhir (kalau suami saya minta saya keluar, ya saya akan minta pengertian dia untuk mengizinkan saya bekerja dulu setidaknya sampai 4 tahun setelah saya diangkat) insyaAllah saya disini ingin berkontribusi pada perusahaan, karena rupanya perusahaan ini punya pengaruh besar terhadap bangsa ini. Itu barusan opsi terpahit, hehehhee, karena jujur hidup mah pilihan. Saya punya cita-cita jadi direktur di pertamina😀 itupun jika memungkinkan, namun saya sadar kodrat saya sebagai perempuan, insyaALLah akan ada suatu masa saya menjadi seorang istri dan seorang Ibu, tentu ‘karir’ di rumah tangga harus saya prioritaskan, jika memang work-life balance tidak memungkinkan saya untuk berkarir di Pertamina, InsyaAllah saya ambil opsi untuk keluar setalah ikatan dinas berakhir dan saya ingin membangun usaha sendiri sambil ngurus anak J

c.       Saling mendukung : artinya mendukung dalam kebaikan. Ini ada hubungannya dengan sikap menghargai. Baik menghargai pendapat, menghargai ide, usulan, cita-cita dan lain-lain. Saling mendukung berarti juga saling bantu, kalau ada kekurangan didukung untuk belajar bersama J

d.      Saling menjaga : maksudnya ini terkait dengan salah satu perintah Allah bahwa kita harus menjaga diri dan keluarga kita dari api neraka. Makanya niken pengen dari kecil anak2 saya nanti sudah dikenalkan dengan islam, misal, anak perempuan saya sudah saya kenakan kerudung dari sejak dini, sekaligus memberi pengertian pelan2 agar dia paham sejak kecil kenapa harus menutup aurat. Dikenalkan dengan perintah dan larangan agar ketika sudah dewasa ketika dia belajar dan mencari tahu sendiri, dia sudah punya bekal dan dasar yang kuat. Karena jujur niken gak mau anak2 niken dapet ilmu agama karena doktrin dari keluarga. Dia sholat karena ortunya sholat tanpa paham kenapa dia harus sholat, niken pengen anak niken mencari juga apa hakikat dia hidup di dunia, agar dia menjiwai setiap ibadah yang dia lakukan.

2.       Makanan Favorit mama saya salah satunya Pempek juga,, lalu gado-gado, lalu steak tenderloid yang beli di Tomodachi :p hahahaha itu kata mama saya sendiri lhoooo J

3.       Sosialisasi diri itu penting kang, kita hidup kan bermasyarakat kalau diem terus di rumah bagaimana kita bisa belajar dan berkembang, karena dengan bermasyarakat kita juga bisa bermanfaat untuk orang lain, misal bantuin tetangga motongin rumput atau kerja bakti bersihin comberan. Kan Kata Allah juga harus bersilaturahmi, ah akang mah pasti lebih paham dari saya J

4.       Cita-cita saya waktu kecil ingin jadi astronot karena saya pengen jalan-jalan ke bulan dan penasaran dengan lubang hitam, saya juga pernah ingin jadi arsitek karena ingin membangun gedung-gedung tinggi, pernah ingin jadi penulis karena baca donal bebek yang jadi penulis dan guru saya memuji karangan bahasa Indonesia saya waktu saya kelas 5 SD, pengen juga jadi penemu mesin mobil berbahan bakar air :p terakhir saya waktu SMA ingin jadi dokter, tapi gak masuk karena salah beli formulir SPMB, malah beli IPS, hehehehhe.

5.       Pendapat saya mengenai istri yang bekerja : pada dasarnya perempuan dan laki-laki setara, yang membedakan mah siapa yang paling taqwa,, dan hidup itu adalah pilihan kang, sebagai perempuan kami punya pilihan untuk bekerja atau tidak bekerja,, makanya niken berkeyakinan perempuan yang memilih bekerja itu bagus kang, dia bisa mengaplikasikan ilmunya, mendapat ilmu baru, berkontribusi dan bermanfaat bagi sekitarnya, selain dia juga punya penghasilan sendiri J nah kalau soal ISTRI yang bekerja, niken tetap setuju dia bekerja selama work-life balancenya ada. Dia bisa tetep menjalankan peran sebagai istri dan ibu sambil bekerja. Penghasilannya bisa buat nabung dan bantu suami, juga buat bantu keluarga dia (ortu dan adik2). Niken yakin rezeki mah sudah diatur sama Allah, dan kewajiban kita itu menjemputnya, nah karena niken adalah seorang anak dari ortu niken, ketika niken sudah mampu bekerja niken pengen banget membahagiakan dan berbakti pada mereka, dan berbakti pada orang tua bukan hanya sebelum menikah saja, tapi setelah menikah pun mereka tetap ortu niken J

6.       Hafal berapa surat? Dulu niken sempet ngapalin juz amma, tapi karena setelah jadi mahasiswa dan bekerja jarang diapalin lagi janten weeehhh lalupa deui, yaaahh, emang segala hal itu harus istiqomah dijalankan terus walau sedikit2 jangan sampai ditinggalkan biar ilmunya tetap nancap. Nuhun kang karena pertanyaan ini saya termotovasi lagi nih,, hehehe malu soalnya adik niken lebih hapal dibanding niken, padahal dulu dia diajarin sama niken. :p

7.       Haruuus atuuuhhh belajar islam mah, makanya niken rutin mentoring, 2 minggu sekali, atau sebulan sekali tergantung jadwalnya. Tapiiiiiii sejak niken di karantina di pertamina, susaaaahhh mau mentoring da jauh di bandung, dan sedih karena di pertamina mah gak disediakan belajar agama K janten paling sms an sama teteh mentor atau nelpon aja

8.       Cerita doraemon? Janten sizukaaaa … kemaren alasannya udah dikasih tau yaaa

PERTANYAAN DARI SAYA NYUSUL


2 responses to “pertanyaan

  1. Siva mengatakan:

    Nikeen, I like your answer (baru baca lengkap sekarang) Couldn’t agree more… hehhee…. smoga acaranya lancar, dan gw cepat menyusulmuuu….^^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: